Senin, 01 Mei 2017

Duduk di Depan atau Tidur Sekalian

TANTANGAN LEVEL 4.12

Meninggalkan masa SMA yang menyenangkan, saya akhirnya masuk ke perguruan tinggi yang saya inginkan, juga di kota yang sangat saya inginkan meski untuk pertama kalinya harus hidup jauh dari orangtua.
Iya, saya belum bisa masuk fakultas kedokteran yang lama saya cita-citakan, meski begitu masuk fakultas psikologi merupakan alternatif lain dari mimpi lama. Sekali lagi, orangtua saya tidak pernah memaksakan harus jadi orang dengan profesi apa saya nantinya. Mereka hanya ingin suatu saat dimanapun saya berada, saya hidup tidak menyusahkan orang lain tetapi justru memberi manfaat.

Masuk masa-masa perkuliahan di kampus, ada hal lagi yang baru saya sadari. Pertama, saya tidak suka terlambat masuk kuliah. Meski jam kuliah tidak se saklek saat masih masa sekolah, hal itu tidak menjadikan saya malas untuk datang beberapa menit awal sebelum perkuliahan dimulai. Kedua, saya lemah di ranah speaking, entah itu presentasi, ujian lisan atau apapun yang berbau bicara di depan banyak orang, tetapi syukur alhamdulillah di balik kekurangan saya, Alloh berikan kelebihan. Saya merasa mampu dan kuat di ranah writing. Ketiga, ini yang lebih aneh bagi saya, alasan dibalik mengapa saya tidak suka terlambat adalah bahwa saya harus memastikan saya mendapat tempat duduk paling depan atau paling tidak nomor dua dari depan jika kadang dosen yang mengajar cukup saya takuti atau lebih menomorsatukan mahasiswa yang jago di ranah speaking. Karena jika akhirnya saya mendapat tempat duduk paling belakang, yang seringkali terjadi adalah saya mengantuk dan tidak sekali dua kali jatuh tertidur di dalam kelas jika mahasiswa yang ikut perkuliahan saat itu terlampau banyak.
Betul, saya harus memastikan bisa melihat apa yang dilakukan dosen saat menjelaskan materi perkuliahan dengan jelas, entah itu sekedar berbicara atau menulis di papan. Jika terhalang, maka yang terjadi biasanya saya tidak bisa full mengikuti apa yang dijelaskan dosen saat jam perkuliahan itu. Semacam ada yang ketinggalan informasi.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar