Selasa, 28 Februari 2017

Menemukan Esensi Mandiri

TANTANGAN LEVEL 2.6

Hari pertama LDR an dan masih akan berlanjut seminggu kedepan..

Bismillah taklukkan tantangan hari keenam.
Makin kesini semakin lebih mudah berlatih mandiri. Kuncinya satu, yakin. Iya, setelah berlatih beberapa hari, barulah tahu polanya. Kadang kita tidak mandiri itu bukan karena benar-benar tidak mampu mandiri, tetapi karena kita tidak yakin kita BISA mandiri. Hal itu yang kemudian membentuk pola hidup dan menentukan sekali apakah kita mampu dikategorikan orang yang mandiri atau justru sebaliknya.

Setelah kemarin sudah berlatih berdua bersama suami, alhamdulillah seminggu ini nanti saatnya kami berdua berlatih sendiri-sendiri. Oh ya, mandiri bukan berarti tidak lagi membutuhkan orang lain, tetapi memastikan tidak terjadi hubungan kodependensi antara satu sama lain.

Nah, hari ini sudah berlatih mandiri apa?
Mandiri dalam memenuhi asupan nutrisi tubuh, salah satunya makan buah dan sayur. Kalau biasanya si mas harus cerewet mengingatkan untuk makan sayur dan buah bahkan terkadang sampai menyodorkan piring berisi potongan buah di depan mata lalu menunggu hingga buah benar-benar masuk ke dalam mulut saya, hari ini sudah mulai inisiatif sendiri untuk makan sayur dan buah.
Apakah hari ini suami yang sedang jauh disana tidak mengingatkan? Tentu saja iya. Bagi mas mungkin itu menjadi suatu kewajiban untuk memastikan asupan nutrisi istrinya terjaga dengan baik. Tetapi saya pun harus memastikan bahwa sebelum mas mengingatkan, sudah seharusnya saya sudah bergerak sendiri untuk memenuhi asupan nutrisi yang saya butuhkan. Toh, itu juga untuk kepentingan saya pribadi bukan orang lain. Jadi, jika suatu saat mungkin mas lupa mengingatkan, tidak ada alasan bagi saya untuk bolos makan sayur dan buah demi kepentingan tubuh saya sendiri.

Setelah beberapa hari berlatih akhirnya baru menemukan The Essence of MANDIRI.
Jadi bukan berarti tidak membutuhkan orang lain, tetapi tidak serta merta selalu menggantungkan diri kepada orang lain...

#level2.6
#kuliahbunsayIIP
#melatihkemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar