Kamis, 15 Juni 2017

Day Eight

TANTANGAN LEVEL 5.8

Hari kedelapaan....

Buku Happy Little Soul nya sudah masuk bab 9 hari ini..
Bab kali ini cukup padet isinya.
Tentang mengajarkan kebaikan.

Bagaimana penulis mengajarkan kebaikan sejak dini kepada putrinya diulas cukup detail disini.
Pertama, mengajarkan rutinitas yang baik, seperti beribadah dan berdoa. Disini penulis pun sepakat tentang "anak bisa saja salah memahami perkataan orangtua, tetapi anak tidak pernah salah meniru orangtuanya". Kedua, membiasakan kegiatan yang baik seperti membuang sampah pada tempatnya, membereskan mainan yang tidak dipakai, menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur. Ah ya, termasuk juga membiasakan mengucapkan tolong, maaf dan terimakasih.

Penulis beranggapan bahwa tak perlu menggegas anak untuk hal-hal yang bersifat kognitif. Namun, bukan berarti begitu saja mengabaikannya. Ia percaya ketika anak diajarkan hal-hal yang bersifat kognitif (dengan cara yang fun tentunya), suatu saat putrinya akan mengerti, meski tidak harus saat itu juga.

Selanjutnya, penulis sedikit demi sedikit mengajarkan kepada putrinya tentang makna berbagi. Meski tidak on the spot, ia mampu mengajarkannya melalui cerita atau dongeng-dongeng sebelum tidur. Dengan begitu, penulis berharap putrinya mampu berempati kepada teman bermainnya saat harus berbagi mainan.

Terakhir, penulis membuat putrinya mampu mencintai dirinya dengan segala kekurangannya. Meski hanya melalui kata yang diulang-ulang yang bahkan mungkin putrinya belum paham apa maknanya, ia berharap suatu saat putrinya akan mengerti

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar