Minggu, 11 Juni 2017

Day Four

TANTANGAN LEVEL 5.4

Day Four

Hari keempat mencoba menuntaskan buku Happy Little Soul dengan penulis Retno Hening. Tetap menggunakan prinsip "One Bit a Time".

Sekalipun bahasa yang digunakan ringan dan sederhana, saya tetap memilih membaca per bab. Sedikit demi sedikit. Agar tidak terjadi tsunami informasi ditengah kesibukan packing persiapan pindahan dan mudik lebaran.

Jika sedang libur panjang, membaca buku selevel itu insyaAlloh bisa saya habiskan sekali duduk. Hanya saja saya tetap memilih membacanya sedikit demi sedikit agar isi buku tak kehilangan manfaatnya. Toh, setiap selesai membaca saya masih harus presentasi ke suami dan mendiskusikannya berdua.

Agak sedikit heran, karena suami ternyata sudah tahu lebih dahulu isi bukunya padahal saya baru beberapa hari kemarin membuka segel dan langsung membawa kemana-mana agar saat ada waktu luang saya bisa segera membacanya. Apa mungkin ada e-book nya ya?
Ah, entahlah.. yang penting saya sama sekali tidak merasa rugi membeli bukunya.

Bab selanjutnya penulis mengupas bagaimana dirinya mencoba bekerja sama dengan putri kecilnya. Dalam hal apapun, dimulai dari yang sederhana. Diceritakan bahwa hal itu sudah dibiasakan sejak putrinya masih usia digendong. Ia sudah mengajaknya terlibat dalam pekerjaan rumah tangga dengan menggendongnya saat putrinya benar-benar tidak bisa ditinggal. Memasuki usia dimana putrinya sudah bisa diajak berkomunikasi, penulis berusaha memberi pengertian saat dirinya benar-benar tidak bisa menemani bermain karena alasan harus segera menyelesaikan rutinitas pekerjaan rumah tangga. Terkadang ia siasati dengan mengajak putrinya tetap bermain di dekatnya sehingga ia tetap bisa mengawasi dan memberi respon saat putrinya butuh diajak berbicara atau justru sekalian melibatkan putrinya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sederhana seperti mengelap lemari.
Sehingga dari sana ia juga bisa mengajarkan tanggung jawab terhadap putrinya.

Catatan pentingnya dari bab ini adalah bahwa anak sebenarnya mudah diajak bekerjasama dan hal ini bisa dibiasakan sejak dini selama kita tidak pernah mengabaikan mereka.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar