Sabtu, 29 April 2017

Ada Stimulus Ada Hambatan

TANTANGAN LEVEL 4.10

Saat hobi membaca rasanya benar-benar di puncak, sayang sekali saya justru merasa kurang terfasilitasi.
Orangtua saya tidak pernah membatasi buku apa saja yang boleh saya konsumsi, meskipun begitu saya sendiri tahu batas buku mana yang boleh dan tidak boleh saya baca.

Memasuki usia SMP dimana informasi dan wawasan semakin bertambah hilir mudik mencoba masuk seiring luasnya pergaulan, masa-masa mencari jati diri kalau kata orang, saya semakin ingin menyerap banyak informasi yang tidak hanya bisa saya dapatkan di kelas. Tidak melulu tentang materi dan pelajaran-pelajaran sekolah. Apalagi beban materi SMP sudah semakin berat ketimbang masih SD. Jam-jam istirahat atau waktu luang memang saya gunakan untuk ke perpustakaan, tetapi alih-alih memperdalam wawasan tentang pengayaan materi pelajaran, saya justru beralih ke bacaan-bacaan ringan seperti komik dan novel. Menyenangkan. Rasanya bisa refreshing otak. Ini menjadi alasan prestasi saya tidak segemilang saat SD.

Kesukaan saya membaca novel dan komik terus berlanjut dan kadang menyita waktu-waktu belajar. Sayangnya, mengetahui hal ini orangtua saya justru melarang saya membeli buku-buku selain penunjang pelajaran.
Kecewa memang, namun sekarang saya menyadari bahwa justru saya belajar banyak hal dari sana. Ada kalanya kita perlu faham bahwa prestasi akademik tidak melulu harus sempurna sementara potensi dan bakat sesungguhnya seorang anak justru semakin terpendam karena over fokus pada nilai-nilai yang saat dewasa malah terkadang justru tidak membantu apa-apa. Tidak menjelaskan apapun.
Saya sendiri tidak sepenuhnya menyalahkan bagaimana pola asuh orangtua mengingat sistem pendidikan saat itu tidak seluwes sekarang ditambah lagi wawasan tentang ilmu parenting tidak seluas zaman sekarang. Orangtua zaman dahulu masih banyak yang menekankan anaknya atau bangga jika anaknya berprestasi di sekolah, memiliki nilai akademik sempurna meski potensi dan bakat sesungguhnya terkubur dalam-dalam.

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar